» » Kembalikan fungi gigi yang tanggal dengan gigi tiruan

Gigi yang tanggal tak hanaya menggangu penampilan tetapi juga mempengaruhi proses mengunyah dan melafatkan kata.


Kehilangan gigi bisa jadi merupakan tragedi bagi sesseorang. Seperti yang di alami Ibu Yulia. akibat terjatu dari tangga, ia kehilangan dua gigi bagian depan. Sejak itu, ia menjadi tidak percaya diri dan bahkan mengalami kesulitan saat makan dan berbicara.
Solusi untuk mengatasi masalah kehilangan gigi adalah dengan memakai gigi tiruan, ini amat dianjurkan karena gigi tiruan dapat menjamin kesetabilan gusi dan rahang mulut.
Secara fungsional, gigi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa gigi yang lengkap kenyamanan dalam berbicara dan makan akan terganggu.
Gigi tiruan atau gigi antifisial merupakan alat yang digunakan untuk menggantikan gigi yang tanggal. Pemasangan gigi tiruan ini harud mengukuti kurva gigi yang benar sehingga efektif dalam pengunyahan.

Fungsi gigi Tiruan

Salah satu fungsi gigi tiruan adalah untuk memulihkan penggunyanan. Tanpa gigi yang baik , mengunyah akan menjadi tidak benar, bukan hanya itu dalam kangka panjang lambung juga akan bermasalah.
gigi tiruan juga dapat mengembalikan fungsi fonetik, Yang di maksud di sini ialah bicara. seperti yang dialami ibu Yudiya, ia kesulitan mengucapkan huruf seperti huruf "T", "D" dan huruf lain yang di lafadkan menyentuh gigi depan.

Memilih gigi tiruan

Kini gigi tiruan semakin variatif, Anda dapat memilih jenis gigi tiruan berdasarkan jenisnya. Ada gigi tiruan penuh dan gigi tiruan sebagian.
Gigi tiruan penuh dibuat untuk orang yang kehilangan seluruh gigi, Namun, Jika sebagian saja gigiynag hilang, biasanya gigi tiruan lepasan yang dipakai.
  • Gigi tiruan lepasan. Pada jenis ini gigi tiruan dapat di pakai dan dilepas sendiri. Gigi ini dpat digunakan untuk menggantikan kehilangan gigi sebagian dan dapat pula untuk yang kehilangan seluruh gigi.
  • Gigi tiruan cekat. Gigi tiruan jenis ini tidak dapat dilepas atau di pasang sendiri, Gigi yang rekatkan dengan semen khusus kedokteran pada gigi asli atau akar gigi ini sifatnya permanen. Akan tetapi, seiring waktu, kecekatan gigi palsu dapat berkurang secara alami, Karena itu, konsultasikan dengan dokter bila diperlukan penyesuaian gigi tiruan tersebut. Noni Al Qolbu ( Ummi ) 

About Admin Nusantara

Like and Share
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama